Sunday 10 December 2017

Tahun Baru dan Natal di Yogyakarta

Salah satu kegiatan wisatawan saat ke Jogja adalah berbelanja souvenir murah di beberapa tempat yang kami rekomendasikan berikut ini. Apalagi bagi kaum wanita, seni dan budaya dari masyarakat Yogyakarta yang dikenal tinggi, dengan berbagai bentuk dan jenis produk, seperti diantaranya: kain batik, lukisan, pahatan kayu maupun batu dan termasuk juga gerabah dan ukiran perak bakar serta bantal yang unik, yang menjadi buruan untuk oleh-oleh maupun digunakan sendiri. Kadang, barang-barang murah yang dibeli di Jogja ini digunakan pula sebagai aksesoris penghias rumah. Di mana saja dapat anda temukan lokasi wisata belanja dengan harga terjangkau di kota ini? Simak informasi tempat tersebut di bawah ini.

Sebagian tempat belanja souvenir yang dikenal murah berikut ini adalah bagian dari wisata Jogja yang populer. Diantaranya:

Pasar Beringharjo. Berbagai barang keperluan termasuk oleh-oleh yang sangat murah tersedia di pasar terbesar di Jogja ini. Pada ulasan tentang Beringharjo, kami sudah menyebutkan bahwa di sini anda akan menemukan batik, baik dalam bentuk baju dan celana, juga ada pula yang masih dalam bentuk kain lembaran. Selain itu anda juga dapat menemukan pernak-pernik penghias ruangan dan lukisan kanvas dengan cita seni tinggi. Pada bagian belakang, terdapat pertokoan emas yang terbesar di kota ini. Masih belum cukup? Di sebelah Pasar Beringharjo juga terdapat kios-kios yang menjual buku bekas yang sebagian sudah tidak ditemukan lagi di toko buku umum. Koleksi buku langka dan tua juga dapat anda jadikan souvenir bagi kerabat yang hobi mengkoleksinya.
pasar beringharjo jogja
Pasar Beringharjo

Mirota Batik. Inilah tempat belanja favorite banyak orang terutama bagi wisatawan yang kurang bisa menawar. Harga yang dipajang sangat murah untuk produk berkelas yang dijual di sini. Lokasinya masih di jalan Malioboro Jogja dan berseberangan dengan Beringharjo. Supermarket souvenir ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di pelosok wilayah Yogyakarta, termasuk cabang Mirota Batik yang ada di luar kota seperti: Surabaya dan Tangerang. Yang disukai oleh pengunjung yang berbelanja di sini adalah ruangannya dingin (ber-AC) dan karyawannya cukup banyak, sehingga proses transaksinya dapat dilakukan dengan cepat. Mirota ini memiliki setting bangunan yang mirip dengan Toko Krisna yang merupakan salah satu lokasi wisata belanja di pulau Bali, yang menjual beragam bentuk produk yang cocok sebagai oleh-oleh.
belanja murah di jogja
belanja di Mirota Batik

Asongan Malioboro Jogja. Masih di sekitar kedua tempat belanja yang telah kami sebutkan di atas, pada siang hari, di kanan kiri jalan Malioboro tepatnya di emperan toko, banyak ditemukan pedagang yang menjual souvenir dengan harga murah. Memang, butuh usaha yang agak keras dalam hal menawar harga, tetapi pedagang di sana pada umumnya tidak membuka dengan harga tinggi. Jika malam hari, banyak pedagang yang tutup dan pada umumnya bergantian dengan pedagang makanan (tenda lesehan). Khususnya yang berada di dekat stasiun tugu, lokasi ini di malam hari memang dikenal sebagai tempat kuliner Jogja yang populer.
malioboro jogja
Malioboro

Perak bakar Kotagede. Kawasan yang sudah sejak lama disebut sebagai pusat pengrajin perak terbesar di Indonesia ini, memang mampu “membius” pengunjung dengan berbagai koleksi kerajinan yang bernilai seni tinggi. Tempat belanja perhiasan perak yang murah ini dapat ditempuh sekitar 30 menit atau 6 KM dari pusat kota Jogja. Jika anda datang ke Kotagede, disarankan pagi hari. Selain terhindar dari kemacetan, anda akan memiliki waktu luang yang cukup lama untuk memilih produk souvenir ukiran perak yang tersedia di kawasan ini.
perak bakar
Perak di Kotagede

Pasar Ngasem. Jika anda ingin membeli oleh-oleh berbentuk tanaman atau hewan, datanglah ke pasar Ngasem. Berbagai jenis burung, ikan, tanaman hias dan hewan lainnya tersedia di sini. Memang, untuk membeli binatang lalu membawanya ke luar kota, adalah kegiatan yang cukup merepotkan. Terutama dalam hal perijinan jika anda menggunakan transportasi umum. Yang sering berburu oleh-oleh di tempat ini adalah wisatawan yang membawa mobil saat berlibur ke Jogja.
pasar hewan di jogja
pasar ngasem

Pahatan Batu Alam Muntilan. Jika anda mengarahkan kendaraan yang ditumpangi menuju kota Magelang, maka di perbatasan dengan Jogja terdapat tempat yang disebut Muntilan. Belanja aneka patung murah dan pahatan lainnya yang terbuat dari batu adalah karya seni yang harus anda miliki. Taman dan ruangan di rumah anda sangat layak dihiasi oleh souvenir yang berbentuk patung maupun arca yang mirip dengan arca di candi Borobudur, yang dijual di Muntilan ini. Jika ingin memberi oleh-oleh untuk saudara atau kerabat, pastikan anda ukur volume dan beratnya agar tidak merepotkan saat dibawa ke kota anda.
penjualan patung di jogja
Hasil Karya Pengrajin Batu Muntilan

Satu Kupu. Ini adalah tempat belanja yang unik dan rasanya hanya ada di Jogja. Walau sudah lama ada, mungkin ini adalah hal baru bagi anda. Produk yang dijual adalah bantal, tetapi dengan harga murah dan kualitas yang sangat istimewa. Dan uniknya lagi, biasanya pengunjung membeli bantal “Satu Kupu” dengan berbagai corak sarungnya. Disarankan untuk membeli beberapa corak sarung bantal sekaligus karena ukurannya tidak akan anda temukan di tempat lain. Bentuk dan ukuran bantal hias tersebut hanya ada di Satu Kupu yang tokonya berada di jalan Corongan 10, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Jika anda melihat foto di bawah ini, pasti ingin segera berbelanja souvenir bantal di Satu Kupu ini.
jual bantal unik di jogja
Bantal Satu Kupu

Belanja Keramik dan Gerabah Kasongan. Tempat belanja oleh-oleh ini berada di wilayah Bantul, Jogja. Sudah lama kawasan ini dikunjungi wisatawan terutama yang sedang mencari souvenir pernikahan yang murah, pot dan guci hiasan rumah maupun tembikar dengan karya seni yang tinggi. Dijamin anda puas membelanjakan uang anda di tempat ini. Yang penting, anda harus selalu sadar tentang bagaimana pengepakan dan membawanya ke kota anda. Biasanya, karena harga keramik dan guci yang ditawarkan sangat murah, maka pengunjung dengan bernapsu tinggi memborong souvenir tersebut, lalu kelabakan saat ingin membawanya ke pesawat maupun kereta api.
jual keramik di jogja
Keramik Kasongan

Bakpia Pathok. Oleh-oleh yang berbentuk makanan khas dengan berbagai rasa ini tersedia di dekat jalan Malioboro. Tepatnya di jalan KS Tubun yang berada di baliknya. Belanja oleh-oleh berbentuk makanan khas Jogja ini seolah wajib dilakukan wisatawan. Selain rasanya enak, harganya juga murah. Ada puluhan outlet penjual bakpia pathok yang menanti kehadiran anda di wilayah ini.
makanan oleh-oleh jogja
Bakpia Pathok


Demikianlah informasi yang dapat anda gunakan saat ingin mencari oleh-oleh yang murah di Jogja. Terlihat bahwa produk yang dijual di sebagian besar toko tersebut berbentuk barang atau hiasan dan aksesoris dengan motif dan sentuhan seni budaya Jawa. Ini berbeda dengan ciri khas tempat belanja murah di Bandung, yang sebagian besar mengutamakan bentuk barang souvenir yang terkait dengan fashion.

No comments:

Post a Comment